Ada beberapa pertanyaan menarik yang berkaitan dengan landing page. Di bawah ini tersedia beberapa pertanyaan…
Perbedaan Website, Landing Page, dan Microsite
Website, Landing Page, dan Microsite
Sekilas jika Anda perhatikan, ketiga jenis situs ini memanglah sama. Akan tetapi, terdapat perbedaan mendasar apabila kita mengenalnya lebih dalam dari sisi tujuan penggunaan, karakteristik, dan juga bentuknya.
A. Website
Penggunaan website jauh lebih luas dibandingkan dengan landing page ataupun microsite. Anda bisa menggunakan website sebagai identitas bisnis, sekaligus menampilkan semua produk/layanan yang Anda tawarkan.
Website umumnya terdiri dari banyak halaman yang disebut sebagai “Web Pages”, dengan beberapa halaman utama seperti Homepage, About/Tentang, Kontak, Blog, dan sebagainya.
Memiliki website juga memungkinkan bisnis untuk muncul di halaman pencarian search engine seperti Google apabila mampu mengoptimasinya dengan baik menggunakan teknik SEO.
Berikut hal-hal yang membedakan antara Website dengan Landing Page dan juga Microsite.
Indikator | Website |
Tujuan | Memiliki tujuan umum, bisa sebagai identitas, sekaligus keperluan-keperluan lain |
Jenis | 1. Profil Bisnis/Perusahaan 2. Blog 3. Portfolio 4. Forum 5. Social Media 6. E-commerce 7. Web Portal 8. Crowdfunding |
Karakteristik | • Fokus kepada pengenalan brand dan juga produk/layanan secara keseluruhan • Tidak selalu mengajak pelanggan untuk melakukan aksi tertentu |
Navigasi | Memiliki tombol navigasi yang lengkap |
Halaman | Memiliki banyak halaman |
B. Landing Page
Dari sisi tujuan, penggunaan landing page ini sangatlah spesifik. Entah itu untuk mempromosikan sebuah produk/layanan, ataupun mendapatkan data pelanggan yang telah mengklik iklan promosi Anda.
Selain itu, istilah website landing page biasanya hanya terdiri dari 1 halaman, tapi juga ada beberapa yang menggunakan 2 halaman atau lebih, namun masih berkaitan satu sama lain.
Mungkin beberapa dari Anda ada yang bingung mengenai perbedaan antara “Landing Page” dengan “Homepage”, apalagi ada yang bilang bahwa homepage itu juga bisa digunakan sebagai landing page.
Ya, ini tidak salah. Namun, perlu untuk diketahui beberapa poin penting yang menjadi perbedaan antara landing page dan homepage adalah dari sisi penggunaan, tampilan halaman, dan copywriting di dalamnya:
- Penggunaan
Penggunaan landing page sendiri lebih ditujukan agar pelanggan yang mengunjunginya melakukan aksi-aksi tertentu yang kita inginkan seperti membeli, mengisi formulir, dan sebagainya.Sedangkan homepage lebih ditujukan untuk sekadar memberikan informasi mengenai bisnis atau website tersebut. - Informasi & Tampilan Halaman
Tampilan landing page biasanya lebih sederhana dengan informasi yang mengarahkan pelanggan untuk melakukan aksi melalui 1 atau 2 tombol CTA di akhir-akhir halaman.Sedangkan homepage, informasi & tampilan halamannya lebih beragam dengan berbagai tombol CTA yang mengarahkan ke halaman-halaman lain yang relevan. - Penulisan atau Copywriting
Copywriting yang digunakan pada landing page cenderung mengajak pelanggan untuk melakukan aksi tertentu.Sedangkan pada homepage, copywriting yang digunakan biasanya hanya sekadar mengedukasi pelanggan untuk lebih tahu mengenai bisnis.
Berikut hal-hal yang membedakan antara Landing Page dengan Website dan juga Microsite.
Indikator | Landing Page |
Tujuan | Memiliki tujuan spesifik, entah untuk mempromosikan produk/layanan, ataupun mendapatkan data leads pelanggan |
Jenis | 1. Lead Generation Landing Page 2. Click-through Landing Page 3. Splash Landing Page 4. Squeeze Landing Page 5. Product Landing Page 6. Thank You Landing Page 7. Event Landing Page |
Karakteristik | • Fokus pada satu tujuan spesifik • Mengajak pelanggan untuk melakukan aksi tertentu |
Navigasi | Biasanya tidak memiliki tombol navigasi |
Halaman | Biasanya hanya 1 halaman. Kalaupun lebih, masing-masing halaman saling berkaitan satu sama lain. |
C. Microsite
Sedikit penjelasan, Microsite adalah bentuk mini dari sebuah website yang digunakan untuk suatu tujuan tertentu. Microsite ini memuat informasi yang sederhana, dan dengan navigasi yang jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan website.
Tujuan dari microsite sendiri juga spesifik sama seperti landing page. Bedanya, microsite ini biasanya digunakan untuk mendukung sebuah rangkaian kampanye.
Contohnya adalah sebuah kampanye event online nasional yang dikelola oleh suatu brand. Di dalam microsite-nya nanti akan ada halaman-halaman seperti agenda acara, profil pembicara, atau pun galeri event.
Berikut hal-hal yang membedakan antara Microsite dengan Website dan juga Landing Page.
Indikator | Microsite |
Tujuan | Memiliki tujuan spesifik untuk mendukung suatu kampanye |
Jenis | Sesuai kampanye yang sedang dijalankan |
Karakteristik | • Fokus mengenalkan suatu event spesifik • Terkadang mengajak pelanggan untuk melakukan aksi tertentu |
Navigasi | Memiliki tombol navigasi yang sedikit |
Halaman | Memiliki halaman-halaman yang sederhana |
Itulah perbedaan dari ketiga jenis situs yang sering kita temui di internet. Sederhananya, kita dapat ilustrasikan website sebagai sebuah rumah, sedangkan landing page dan microsite adalah ruangan tersendiri di dalam rumah tersebut.
This Post Has 0 Comments