Skip to content
Fungsi Landing Page

Fungsi Landing Page

Menurut Unbounce, fungsi landing page cukup penting dalam marketing funnel…

Jika Anda menjalankan kampanye digital marketing, baik dengan strategi organik maupun iklan berbayar, tentu ada tahap di mana ini Anda harus mengedukasi audiens melalui informasi-informasi yang relevan sebelum pada akhirnya mereka konversi.

Bila Anda harus mengarahkan mereka ke homepage, tentu informasi yang akan mereka dapatkan terlalu beragam. Pun sama halnya apabila Anda langsung mengarahkan mereka ke halaman transaksi.

Tentu hal ini akan mengurangi tingkat konversi apabila mereka masih kurang paham apa detail dari produk atau penawaran Anda. Padahal Anda telah membayar sejumlah klik atas iklan yang telah dijalankan.

Ini akan beda ceritanya jika Anda menggunakan landing page sesaat setelah mereka mengklik iklan Anda.

Melalui landing page tersebut, Anda dapat memaparkan informasi spesifik mengenai inti dari kampanye yang dijalankan. Sehingga, audiens yang tadi telah tertarik mengklik iklan Anda nantinya akan lebih mudah untuk konversi.

Dari penjelasan di atas, dapat kita pahami beberapa fungsi landing page dalam kampanye bisnis Anda adalah sebagai berikut:

a. Sarana Promosi Produk atau Layanan Bisnis

Berbeda dengan halaman jualan yang seperti biasa ada di dalam website, di dalam landing page Anda bisa leluasa menjelaskan setiap detail produk hingga harga-harganya.

Landing page akan menjadi media yang tepat untuk Anda dalam mengenalkan produk/layanan pelanggan, sehingga memicu mereka untuk segera melakukan pembelian.

Baca juga: Perbedaan SEO dan SEM Ini Jadi Solusi Terbaik bagi Bisnis

b. Merupakan Bagian dari Upaya Edukasi Pelanggan

Sebelum pada akhirnya audiens menjadi pelanggan Anda, tentu mereka mencari tahu terlebih dahulu apa saja yang bisnis Anda tawarkan.

Hal ini tentu menjadi sebuah tantangan bagi mereka apabila produk/layanan yang ditawarkan ada banyak sekaligus beragam.

Dalam hal inilah landing page dapat berperan sebagai media edukasi dalam bisnis. Audiens akan lebih mudah memahami setiap detail dari produk/layanan, dan sekaligus menjadi tempat konversi apabila mereka benar-benar tertarik.

c. Meningkatkan Peluang Keberhasilan Iklan Berbayar

Seperti yang telah dijelaskan di atas, apabila Anda tengah menjalankan kampanye iklan berbayar seperti Google Ads ataupun Facebook Ads, tentu landing page akan menjadi sebuah keharusan demi suksesnya kampanye tersebut.

Tingkat keberhasilan iklan sebenarnya tergantung pada seberapa paham pelanggan yang Anda target akan informasi yang Anda berikan. Semakin pelanggan Anda paham, maka akan semakin tinggi pula lah peluang keberhasilan iklan Anda.

d. Meningkatkan Persentase Konversi (Conversion Rate)

Semakin banyak pelanggan yang melakukan transaksi di dalam landing page, menjadikan angka konversi dalam bisnis Anda juga semakin tinggi.

Akan tetapi, hal tersebut dapat terjadi apabila dari sisi desain, copywriting, dan penawaran dalam landing page sesuai dengan minat para pelanggan Anda.

Pada postingan selanjutnya, kita akan membahas Komponen Utama dalam Sebuah Landing Page.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top