Skip to content
Apa itu landing page

Kupas Tuntas Apa Itu Landing Page


Memahami apa itu landing page memang tidak semudah mengartikannya ke dalam Bahasa Indonesia. Apabila diterjemahkan, landing page artinya adalah halaman arahan atau halaman pendaratan, namun makna sebenarnya lebih daripada itu.

Lalu, yang dimaksud landing page itu apa dan apa fungsinya bagi suatu bisnis?

Pada artikel ini, kita akan membahas lengkap pengertian landing page serta bagaimana peranannya dalam bisnis Anda. Kita akan belajar mulai dari pengertian, perbedaan, jenis, fungsi, dan beberapa contoh yang akan membuat Anda semakin paham kegunaan dari halaman ini. Simak sampai habis, ya!

Apa Itu Landing Page?

Jika Anda sering berselancar di internet, tentu secara sadar atau tidak sadar Anda pasti pernah mengunjungi sebuah landing page. Namun, apakah Anda tahu apa itu landing page yang sebenarnya?

Landing Page adalah sebuah halaman khusus yang dibuat dengan tujuan spesifik, yaitu untuk mengarahkan pelanggan melakukan sebuah aksi tertentu, seperti membeli, memesan, ataupun mengisi formulir.

Biasanya pelanggan akan mengklik iklan atau pun promosi Anda dalam bentuk apapun, setelah itu mereka akan diarahkan untuk mengunjungi sebuah situs. Nah, situs tempat mendarat itulah yang disebut dengan landing page.

Di dalam landing page tersebut, memuat berbagai informasi tertentu, seperti detail produk/layanan, fitur, keunggulan, media digital (e-book, video, audio), tombol aksi, dan sebagainya.

Landing page ini akan berguna sekali dalam kampanye marketing dalam bisnis Anda, karena perannya yang krusial dalam mengkonversi pelanggan yang masuk menjadi transaksi.

Tujuan landing page adalah untuk mendorong konversi yang dapat dicapai dengan CTA yang jelas, seperti “free trial”, “hubungi kami”, dan “subscribe”. Dibandingkan dengan halaman web lainnya, manfaat utama dari halaman khusus ini adalah berisi informasi yang relevan tentang penawaran Anda.

Halaman khusus ini ditargetkan untuk mendatangkan lebih banyak traffic dengan memaksimalkan penggunaan SEO off-page ataupun SEO on-page. Strategi tersebut digunakan agar landing page dapat muncul di SERP hingga dapat mendatangkan organic traffic.

Setelah mengetahui pengertian landing page, kita akan membahas mengenai perbedaan dari ketiga jenis situs yang seringkali ditemui di internet, yaitu antara landing page, website, dan juga microsite.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top